Cara Install Django

Cara Install Django
Cara Install Django

Cara Install Django di berbagai sistem operasi seperti windows, mac, ubuntu, dan sebagainya. Panduan ini dibuat secara ringkas dan jelas, agar memudahkan Anda dalam melakukan proses instalasi django. Jika sistem operasi Anda adalah windows, Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya yaitu Cara Install Django di Windows 10.

Artikel ini bersifat general, bisa kita gunakan sebagai gambaran untuk install django ubuntu, install django mac, install django on windows, dan install django in pycharm. 



Install Python

Django framework merupakan salah satu framework berbasis python. Maka dari itu, proses install python ini wajib kita lakukan sebelum kita menggunakan django. Versi python yang kita pilih akan berpengaruh terhadap versi django yang bisa kita gunakan. 

Berikut informasi mengenai versi python yang compatible dengan django:
Cara Install Django
How To Install django

Python yang paling direkomendasikan adalah python paling terbaru. Saat artikel ini tayang, python versi terbaru yaitu python 3. Python versi terbaru seringkali lebih cepat, memiliki lebih banyak fitur, dan punya dukungan yang lebih baik.

Anda bisa mencari versi terbaru python di halaman resminya, yaitu https://www.python.org/downloads (Anda bisa copy url tersebut ke address bar browser Anda).


Setup Database

Langkah ini hanya diperlukan jika Anda ingin membuat project dengan mesin database skala "besar", seperti MySQL, PostgreSQL, MariaDB, maupun Oracle. 

Jika Anda ingin menggunakan API berbasis Django, Anda harus memastikan server database berjalan dengan baik. Django mendukung banyak server database yang berbeda dan secara resmi didukung dengan PostgreSQL, MariaDB, MySQL, Oracle dan SQLite.

Jika Anda mengembangkan proyek kecil atau sesuatu yang tidak diproduksi secara besar-besaran, SQLite umumnya merupakan pilihan terbaik karena tidak perlu menjalankan server secara terpisah. Namun, SQLite memiliki banyak perbedaan dari database lain, jadi jika Anda mengerjakan sesuatu yang substansial, disarankan untuk mengembangkan menggunakan database yang sama dengan lingkungan production.

Berikut requirement yang diperlukan pada masing-masing database, yaitu:
  • PostgreSQL, Anda memerlukan modul psycopg2 versi terbaru
  • MySQL atau MariaDB, Anda memerlukan driver DB API seperti mysqlclient
  • Oracle, Anda memerlukan salinan cx_Oracle, tetapi Anda perlu mengetahui mengenai versi Oracle dan cx_Oracle yang support.
  • Jika Anda menggunakan backend pihak ketiga tidak resmi, lihat dokumentasi yang tersedia untuk persyaratan tambahan apa pun.
Anda bisa melakukan migrasi database dengan menggunakan command berikut:
python manage.py migrate

Jika Anda membuat perubahan pada model, Anda bisa membuat file migrasinya dengan command berikut:
python manage.py makemigrations
Jika ada conflict antar file migrations, Anda bisa resolve dengan command berikut:
python manage.py makemigrations --merge


Install Django

Saat proses instalasi django, sebaiknya kita menggunakan virtual environment untuk setiap project yang kita buat. Hal tersebut berfungsi untuk menjaga modul-modul django agar hanya bisa diakses oleh project yang bersangkutan. Cara virtual environment sangat mudah, Anda hanya perlu mengetik command berikut di dalam project Anda, berikut commandnya:
python -m venv env
Note:
Anda bisa mengganti kata yang berwarna merah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah membuat virtual environment, kita bisa mengaktifkannya dengan menggunakan command berikut (windows):
env\Scripts\activate
Langkah terakhir, kita bisa langsung menginstall django di dalam virtual environment yang sedang aktif dengan command:
pip install django
atau jika Anda ingin install spesifik version, Anda bisa mengetik command berikut:
pip install django==3.2.4


Verifying

Langkah ini berfungsi untuk memastikan bahwa django kita berhasil terinstall dengan baik pada project yang akan kita buat. Cara memverifikasinya adalah sebagai berikut:
  1. Ketik python dari shell Anda. 
  2. Kemudian pada Python Prompt, coba import Django dengan command berikut:
    import django
    print(django.get_version())

    Cara Install Django
    Cek django version


Setelah django berhasil di install di device Anda, langkah selanjutnya adalah membaca artikel tutorial django indonesia.

Terimakasih,


tutorialsakti.com


LihatTutupKomentar