Belajar Django di Windows

 

Belajar Django di Windows
Belajar Django di Windows

Belajar Django di Windows - Membuat website saat ini terbilang cukup mudah, karena sudah banyak penyedia CMS (Content Manajemen System) dan framework yang bisa Anda gunakan secara gratis hingga berbayar. Salah satu framework berbasis python yang akan kita bahas saat ini adalah django framework


Sebelum Anda mengikuti tutorial ini sampai selesai, Anda bisa terlebih dahulu membaca cara install django di windows 10. Anda juga bisa melakukan setting up django, membuat django virtualenv atau django environments. 

Jika sudah terdapat python dan django di windows kita, langkah selanjutnya adalah menyiapkan IDE (Integrated Development Environment) yang akan kita gunakan. Anda juga bebas menggunakan IDE apa saja, seperti Sublime, Visual Studio Code, PyCharm, dan sebagainya. Dalam tutorial kali ini kita akan menggunakan PyCharm Community yang bisa Anda dapatkan secara gratis di website resminya.



Tutorial Django Bahasa Indonesia Di Windows

Belajar Django di Windows
Tutorial Django Bahasa Indonesia

Pada saat belajar django di Windows, sering kali kita temui berbahasa inggris, jarang sekali tutorial django berbahasa Indonesia yang lengkap dan detail. Untuk itu, kami berinisiatif untuk membuat tutorial django secara komprehensif yang tentunya menggunakan bahasa indonesia.  

A. Struktur Direktori Django di Windows

Saat kita membuat project baru menggunakan command ini,
django-admin startproject tutorial_django
maka struktur direktori djangonya adalah sebagai berikut:

Belajar Django di Windows
Struktur Project Django

  • Direktori tutorial_django (paling atas), merupakan root direktori dimana tempat menyimpan semua file project Anda. Nama direktori ini bisa juga Anda ganti sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • manage.py, merupakan sebuah program yang berfungsi untuk membuat dan juga menjalankan file migrasi, menjalankan server django, membuat superuser, dan sebagainya
  • __init__.py, merupakan file kosong sebagai inisiasi project python
  • asgi.py, ASGI merupakan singkatan dari Asynchronous Server Gateway Interface, yang juga mendefinisikan aplikasi Anda sebagai callable yang asinkron secara default. ASGI adalah penerus WSGI, yaitu standar Python lama untuk kompatibilitas antara server web, kerangka kerja, dan aplikasi.
  • settings.py, biasa juga digunakan untuk mengkonfigurasi project Anda, seperti database, installed apps, middleware, dan sebagainya.
  • urls.py, biasa juga digunakan sebagai tempat untuk mendaftarkan URL
  • wsgi.py, WSGI merupakan singkatan dari Web Server Gateway Interface, yang juga memiliki interface standar untuk memisahkan kode server dari kode aplikasi tempat Anda menambahkan logika bisnis Anda.

B. Konsep Dasar Django di Windows

Konsep dasar django sesuai dengan flow gambar dibawah ini, mulai dari HTTP request client hingga HTTP response.

Belajar Django di Windows
Konsep Dasar Django


  • URL berfungsi untuk mengarahkan permintaan HTTP ke tampilan yang sesuai berdasarkan URL yang diminta. Pemeta URL juga dapat mencocokkan pola string atau angka tertentu yang muncul di URL dan meneruskannya ke fungsi sebagai data.
  • View berfungsi sebagai fungsi pengendali permintaan, yang menerima permintaan dan juga mengembalikan respons HTTP. View  juga mengakses data yang diperlukan melalui model, dan melakukan pemformatan respons pada template.
  • Model adalah objek Python yang mendefinisikan struktur data aplikasi, dan juga menyediakan mekanisme untuk mengelola (menambah, memodifikasi, menghapus) dan mengambil data dalam database.
  • Template adalah file teks yang mendefinisikan struktur atau tata letak file (seperti halaman HTML). Tampilannya juga dapat dibuat secara dinamis dengan membuat halaman HTML, atau mengisinya dengan data dari model. Sebuah template bisa juga  digunakan untuk mendefinisikan struktur dari semua jenis file, tidak hanya HTML.

C. Menjalankan Server Django di Windows

Pada saat development, django menyediakan server yang bisa kita akses di lokal. Cara menjalankannya, Anda hanya perlu mengetik command berikut:
python manage.py runserver
Atau Anda juga bisa mengganti default port yang digunakan dengan menambah port value setelah runserver, sehingga menjadi seperti ini:
python manage.py runserver 8002
Custom port ini biasanya digunakan untuk menjalankan server pada multiple project sekaligus. Jika tidak di custom, maka port akan bentrok antara project satu dengan yang lain.

Belajar Django di Windows
Run  Server Django di Windows


Jika Anda sudah berhasil menjalankan server django, maka Anda bisa mencoba menggunakan url http://localhost:8002. Setelah mencobanya, maka tampilannya adalah sebagai berikut:

Belajar Django di Windows
Django berhasil di Install


Anda telah belajar django di Windows, jika Anda punya pertanyaan, silahkan masukkan pada kolom komentar dibawah. Pada artikel-artikel selanjutnya, kita masih akan membahas seputar tutorial django, dan langsung praktek dalam membuat aplikasinya.


Terimakasih,


tutorialsakti.com

LihatTutupKomentar